Pelajaran Hidup Dari Pendiri Ketiga Apple

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa raksasa teknologi tinggi Apple Inc. memiliki tiga pendiri. Semua orang tahu tentang miliarder terkenal almarhum Steven Jobs dan Steve Wozniak. Tapi siapa pendiri ketiga?

Pendiri ketiga Apple adalah seorang pria bernama Ronald Gerald Wayne. Wayne lahir 17 Mei 1934. Dia bekerja, tanpa perbedaan khusus, di industri elektronik. Wayne ikut mendirikan Apple Inc., bersama dengan Steve Wozniak dan Steve Jobs, keduanya jauh lebih muda darinya. Wayne menyediakan layanan manajemen untuk perusahaan baru.

Tiga bulan setelah awal Apple, Wayne menjual 10% sahamnya dari perusahaan yang sekarang sebesar $ 900 miliar plus AS untuk hanya $ 800! Wayne kemudian menerima $ 1.500 untuk kehilangan klaim terhadap Apple. Hari ini, 10% saham Wayne di Apple akan bernilai sekitar $ 90 miliar!

Inilah tiga pelajaran hidup dari Wayne:

1. Bersabarlah

Wayne jelas tidak sabar dengan perusahaan yang dia bantu temukan. Dia tidak yakin tentang masa depannya. Wayne juga dilaporkan kesal oleh kegagalan kewirausahaan di masa lalu. Hanya Wayne yang tahu seberapa besar ia membutuhkan $ 800 yang awalnya ia terima dari menjual bagiannya di Apple. Namun, sepertinya dia bisa bertahan tanpa itu untuk sementara waktu. Pelajaran pertama, dari Wayne, adalah bersabar. Kegagalan masa lalu tidak perlu memprediksi masa depan kita.

2. Hormati Kekuatan Tidak Melakukan Apa-Apa

Cukup sering tidak melakukan apa-apa adalah tindakan terbaik. Budaya kita terobsesi dengan tindakan; terus melakukan sesuatu. Namun, tidak semua tindakan produktif. Tidak semua tindakan membuat kita lebih dekat ke tempat yang kita inginkan. Terkadang, kita menyabot diri kita dengan tindakan yang tidak perlu. Seperti yang dilakukan Wayne. Seandainya Wayne tidak melakukan apa-apa, setelah salah satu pendiri Apple, ia akan jauh lebih kaya hari ini daripada gabungan Oprah Winfrey dan Paul McCartney.

3. Beberapa Orang Tidak Cocok untuk Pusat Perhatian

Wayne memiliki setidaknya satu pengalaman penting lainnya dengan penjualan sebelum waktunya. Dia menjual kontrak Apple asli, yang dia buat, kepada seorang kolektor tanda tangan seharga $ 500. Kolektor kemudian menjualnya di pelelangan seharga $ 1,6 juta. Wayne tampaknya terganggu oleh masalah keuangan sepanjang masa dewasanya. Namun dia menegaskan dia tidak menyesali keputusannya untuk meninggalkan Apple.

Inilah bagaimana Wayne menjelaskan keputusannya. “Saya berusia 40 dan anak-anak ini (Jobs dan Wozniak) berusia 20-an. Mereka adalah angin puyuh – itu seperti memiliki ekor harimau. Jika saya tinggal dengan Apple, saya mungkin akan membunuh orang terkaya di kuburan.” “.

Mungkin Wayne benar. Beberapa orang (mungkin banyak orang) lebih senang menghindari pusat perhatian.

Leave a Reply